Ahlan Wasahlan

Selamat berkunjung di blog International Conference of Islamic Scholars (ICIS).

Kamis, 22 September 2011

ICIS Dukung RI Berbagi Pengalaman Demokrasi dengan Timur Tengah


Adi Nugroho - detikNews
Jakarta - International Conference of Islamic Scholars (ICIS) mendukung langkah pemerintah Indonesia untuk berbagi pengalaman dengan negara-negara Timur Tengah yang sedang mengalami masa transisi. Dengan hal tersebut, iklim kerjasama RI dengan negara-negara Timur Tengah akan semakin baik.

"Dalam proses perubahan di Timur Tengah, Indonesia punya posisi strategis. Indonesia merupakan negara Muslim terbesar di dunia, dan semenjak reformasi telah menjadi negara demokratis. Posisi ini bisa dijadikan sharing dengan negara di Timur Tengah, bagaimana memanfaatkan proses transisi itu," ujar Chairman ICIS, KH Hasyim Muzadi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam jumpa pers usai Expert Group Meeting dengan tema 'Change in The Middle East and North Africa: Its Impact and Significance to Global Order' di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (30/5/2011).

Menurut Hasyim, dengan berbagi pengalaman, maka iklim kerjasama Indonesia dan negara-negara di Timur Tengah akan semakin baik. Hasyim pun mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil pemerintah melalui Kemenlu.

"Dengan seluruh materi yang dibahas hari ini, pemerintah melalui Kemenlu akan lebih tepat dalam mengambil sikap ke depan," imbuh Hasyim.

Tunisia sebagai negara yang tengah mengalami masa transisi mengapresiasi langkah Indonesia. Mereka menganggap pengalaman Indonesia pada masa reformasi memberi manfaat yang berarti.

"Kami mengapresiasi Indonesia yang telah berbagi pengalamannya, di antaranya dengan kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ke Tunisia. Saat ini kami tengah menyiapkan pemilu yang sangat penting," kata Dirjen Urusan Arab dan Islam Kementerian Luar Negeri Tunisia, Mohammed Nejib Hachana di tempat yang sama. (adi/vit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar